Sebelum lebih jauh mencoba mempelajari pemrograman java, harus diperhatikan aturan-aturan umum dalam penggunaan sintaks bahasa Java :

* Java bersifat case sensitive, dimana huruf kapital dan huruf kecil tidak dianggap sama, seperti halnya kata Main dan main di dalam pemrograman Java dianggap lain. Jadi anda harus berhati-hati dalam menuliskan kode Java.

* Secara umum, Java mengabaikan spasi kosong. Spasi kosong terdiri dari karakter yang tidak tampil pada layar, misalnya seperti kosong, tab, ganti baris da lainnya yang digunakan dalam memformat teks. Spasi kosong dapat digunakan untuk membuat kode java lebih menarik dan mudah untuk dibaca serta dipahami.

* Brace atau kurung kurawal {} merupakan simbol pengelompokan dalam Java. Yang digunakan untuk menandai awal dan akhir seksi program. Program Java memiliki sebuah jumlah kurung kiri dan kanan yang sama (harus sama). Sebuah blok merupakan bagian dari program Java yang berada di antara kurung. Karena Java mengabaikan spasi kosong, maka bisa dipilih gaya penempatan kurung sesuai selera, asalkan mudah dibaca, seperti contoh berikut :

{ public.static void main (…..

Atau

{
public.static void main (…..

* Kode program dapat disisipi komentar-komentar, yaitu teks yang menerangkan kode. Simbol khusus harus mendahului komentar agar kompilator mengabaikan teks tersebut. Ada dua buah cara yang dapat digunakan untuk menyisipkan komentar di dalam Java. Simbol // membuat komentar yang berlanjut hingga ujung baris, seperti :

// Ini contoh kometar

Simbol // dapat terlihat dalam sebuah baris program.
Simbol /* dan */ membatasi sebuah komentar yang dapat melebihi satu baris, seperti :

/* Ini adalah
cotoh komentar
yang terdiri dari
beberapa baris */

* setiap pernyataan java diakhiri dengan simbol ; (titik koma). Sebuah pernyataan merupakan sebuah elemen program (ekspresi) yang menghasilkan sebuah aksi pemrosesan. Tidak setiap ekspresi Java adalah pernyataan.

Tipe-Tipe Aplikasi yang Ada di Java

Pemrograman Java dapat untuk membuat beberapa tipe aplikasi apapun di lingkungan apapun. beberpa tipe aplikasi yang dapat dibuat anatara lain :

* Aplikasi Berbasis Teks

merupakan aplikasi yang hanya menggunakan promt atau shell saja untuk menjalankannya, namun aplikasi berbasis teks ini justru bisa menjadi sangat kompleks dan canggih, misalnya :

1. Apache-Jakarta-Tomcat yang sepenuhnya ditulis dengan bahasa Java merupakan webserver yang mempunyai kemampuan Java Servlet dan Java Server Pages.
2. Apache-Jboss merupakan aplikasi server yang mampu memberi kemampuan middleware aplikasi tersebar n-tier berbasis EJB (Enterprise Java Beans).
3. Dan lain sebagainya.

* Aplikasi Berbasis Window

merupakan aplikasi yang menggunakan GUI, seperti halnya program aplikasi yang sering digunakan sehari-hari.

* Applet

merupakan aplikasi/program berbentuk bytecode yang akan diinterpretasikan di web browser.

* Java Server Pages

merupakan bahasa scripting serupa dengan PHP, seperti ASP, Java mampu langsung ditempelkan di halaman HTML untuk menghasilkan efek tampilan di web browser. Java Server Pages merupakan aplikasi sisiserver sehingga web browser tidak dibebani komputasi. Java Server Pages sepenuhnya mengikuti kaidah bahasa pemrograman Java dan mampu menghasilkan kelas-kelas yang dihasilkan dari kompilasi Java.

* Java Servlet

merupakan aplikasi apllet namun ada di sisi server (bukan web browser). Java Servlet memberikan layanan yang diminta lewat web browser, dimana web server akan mengeksekusi atau mendelegasikan sepenuhnya layanan ke suatu java servlet.

* Java Beans

merupakan konsep model komponen yang ada di Java.

* Eneterprise Java Beans

untuk mengusung konsep n-tier computing

* Java Micro Edition

merupakan pemrograman untuk membangun aplikasi pada handheld devices atau perangkat genggam seperti handphone dan sebagainya.