Peneliti keamanan ternama akan mendemonstrasikan cara membajak sinyal GSM. Dengan metode itu, percakapan ponsel bisa disadap dengan mudah.

Demo itu akan dilakukan Chris Paget, seorang peneliti keamanan yang cukup terkemuka, dalam gelaran tahunan DefCon di Las Vegas akhir Juli 2010.

Paget disebut akan mendemokan semacam Base Station palsu yang bisa menipu ponsel di sekitarnya sehingga mengirimkan panggilan suara ke perangkat itu. Ia juga akan membeberkan perangkat apa saja yang digunakan untuk demo tersebut.

Seperti dikutip detikINET dari blog pribadinya, Selasa (27/7/2010), Paget mengatakan sudah menyiapkan beberapa hal agar demo itu tak ‘mengganggu’ dari sisi privasi.

Berbekal nasehat dari Electronic Frontier Foundation, hal pertama yang dikemukakan Paget adalah bahwa perangkat di sekitar area demo akan mendapatkan peringatan.

“Anda akan diperingatkan secara jelas, bahwa menggunakan ponsel selama demo itu artinya Anda setuju akan disadap. Jika tidak setuju, Anda harus mematikan ponsel,” tulis Paget.

Kedua, lanjtu Paget, mesin yang digunakan untuk demo tak akan memiliki hardisk. Semua data akan disimpan pada USB Flashdisk yang seusai demo akan langsung dihancurkan oleh EFF.

Kemudian, Paget hanya akan menggunakan kemampuan transmisi 250mW (microwatt). Bandingkan dengan kekuatan 2W dari kebanyakan ponsel.

Keempat, Paget mengaku akan mengusahakan semua panggilan yang dilakukan saat demo akan diarahkan ke tujuannya sebisa mungkin. Meski tak bisa menjamin, ia juga siap mengalihkan panggilan darurat ke nomor lokal

sumber : (detikinet/arrahmah.com)