VPN adalah singkatan dari virtual private network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman. Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.

VPN juga merupakan sebuah koneksi Virtual yang bersifat private mengapa disebut demikian karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik hanya berupa jaringan virtual dan mengapa disebut private karena jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya private yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN Menghubungkan PC dengan jaringan public atau internet namun sifatnya private, karena bersifat private maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya.
vpn
Konsep kerja VPN pada dasarnya VPN Membutuhkan sebuah server yang berfungsing sebagai penghubung antar PC. Jika digambarkan kira-kira seperti ini
internet <==> VPN Server <==> VPN Client <==> Client

bila digunakan untuk menghubungkan 2 komputer secara private dengan jaringan internet maka seperti ini: Komputer A <—> VPN Clinet <—> Internet <—> VPN Server <—> VPN Client <—> Komputer B

Jadi semua koneksi diatur oleh VPN Server sehingga dibutuhkan kemampuan VPN Server yang memadai agar koneksinya bisa lancar.

Mengapa Memilih Menggunakan VPN?

Setelah Anda mengetahui VPN adalah salah satu alternatif untuk berkomunikasi data, mengapa Anda harus memilih teknologi itu? Mungkin Anda perlu mengetahui bahwa VPN memiliki banyak keuntungan yang khas dibandingkan dengan teknologi komunikasi tradisional seperti misalnya jaringan leased line. Keuntungan tersebut adalah sebagai berikut:

  • VPN menawarkan solusi dengan biaya murah.
  • VPN menawarkan fleksibilitas seiring dengan perkembangan Internet.
  • VPN menawarkan kemudahan pengaturan dan administrasi dibandingkan dengan jaringan leased line.
  • VPN menggunakan teknologi tunnel yang akan mengurangi kerumitan pengaturan.

Ok segitu aja yaw…😛

Info selengkapnya bisa berkunjung ke http://dzainart.co.cc/vpn-virtual-private-network-komunikasi-data-tanpa-batas.html