OpenERP yang dulunya bernama Tiny ERP ditulis dengan Bahasa Python oleh sebuah perusahaan yang bernama Tiny SPRL di Belgia. OpenERP menawarkan banyak keunggulan dibanding program aplikasi sejenis diantaranya tiga tingkat arsitektur web, kemudahan penggunaan dan fleksibilitas.

Dengan lebih dari 1000 download per hari, OpenERP adalah sistem ERP yang paling dikagumi dan memiliki perkembangan tercepat di dunia dan merupakan solusi perangkat lunak manajemen gratis open source. Perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di seluruh dunia, kini dianjurkan untuk menggunakan ERP.

Pada bulan Desember 2009 kemarin, kami dari Indonesia secara resmi telah sepakat untuk membangun kerjasama dengan Tiny SPRL Belgia untuk mengembangkan OpenERP versi Indonesia. Kesepakan terjadi di Kantor Tiny SPRL Belgia setelah kami melakukan serangkaian pengujian sytem selama kurang lebih 2 minggu, mulai dari kemampuan Open ERP secara fungsional maupun secara teknis dan dukungan (support).

Dalam waktu dekat ini kami akan menerbitkan buku panduan mengenai OpenERP berbahasa Indonesia. Beberapa website pendukung berbahasa Indonesia sedang dipersiapkan, diantaranya:

http://www.openerp.co.id (situs resmi open ERP Indonesia)
http://wiki.openerp.co.id (situs resmi wikipedia open ERP Indonesia)
http://forum.openerp.co.id (situs resmi forum open ERP Indonesia)
http://demo.openerp.co.id:8080 (situs resmi demo program open ERP Indonesia)
https://launchpad.net/openerp-indonesia (situs resmi pengembangan Open ERP versi Indonesia)

Untuk panduan instalasi Open ERP pada windows, linux dan Mac OSX termasuk instalasi server, client dan database postgres, akan bisa ditemukan pada situs resmi Open ERP berbahasa Indonesia http://www.openerp.co.id